Perbedaan Ram Dan Rom

Berbicara mengenai pelajaran komputer atau teknologi mengenai spesifikasi smartphone, komputer, notebookm atau perangkat tablet PC.

Pengertian E-commerce

Pengertian e-commerce dapat kita ketahui jika kita membuka kamus terjemahan Inggris-Indonesia.

Pengertian Memory

Mungkin, diantara anda semua saat ini ada yang sedang bertanya-tanya mengenai pengertian memory dan seperti apa saja bentuk dari memory tersebut.

Pengertian Program

Pengertian program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar menjalankan tindakan tertentu.

Pengertian Monitor

Pengertian monitor secara singkat adalah layar komputer. Tentu jika istilah monitor dikaitkan dalam konteks komputer.

Monday, January 27, 2014

Cara Download Video Youtube Terbaru 2014


Cara Download Video Youtube Terbaru 2014 - Cara download video ini saya coba ketika ingin mendownload video salah satu peserta audisi Indonesian Idol 2014, Pujiono. Oleh karena belum tahu cara download video dari Youtube, maka dari itu saya mencaritahu cara download video di internet. Dengan bantuan google, maka saya menemukan cara terbaik dan mudah bagi saya untuk mendownload video dari Youtube

Tuesday, January 7, 2014

Advan Vandroid Service Center

ALAMAT SERVICE CENTER ADVAN



Bermula ketika phablet saya Advan Vandroid S5 mengalami masalah pada tampilan layar yang buram

karena terjatuh dari kursi ke lantai, sehingga tampilan gadget Advan yang sebelumnya cerah menawan, kini terlihat suram dan kabur. Oleh karena gadget Advan saya bermasalah, maka saya mencari service center di sekitaran kota Denpasar, dengan menanyakan pada toko penjualan

Sunday, December 8, 2013

Ponsel Gaming Berbasis Android

Membicarakan smartphone yang bisa buat main game , udah pasti hampir semua smartphone bisa melakukannya, tapi smartphone yang didesain khusus buat maen game kayaknya masih jarang, apalagi memiliki tombol - tombol yang mirip dengan kontroller yang ada pada game pad, hampir belum pernah lihat, tapi ternyata ada vendor yang membuat smartphone khusus buat maen game, seperti apa spesifikasinya?mari kita lihat. 


Salah satu daya tarik Android bagi sebagian orang adalah banyaknya pilihan game yang bisa diunduh di Google Play Store. Masalahnya, tidak semua game nyaman dimainkan dengan layar sentuh.
Untuk memfasilitasi para pengguna yang membutuhkan hal itu, hadir perangkat Android yang memang didesain khusus untuk bermain game. Salah satunya adalah S5800 garapan JXD.
Perusahaan yang berbasis di Hong Kong ini menghadirkan S5800 dengan bentuk yang mirip dengan PlayStation Portable. Layarnya sendiri berukuran 5 inci dengan resolusi 960×540. Pengguna akan dimanjakan dengan keberadaan joystick analog, tombol LR, dan berbagai tombol lain untuk memudahkan dalam bermain game.


Soal spesifikasi, JXD membekali produknya dengan dukungan prosesor MTK6582 quad-core Cortex A7, RAM 1GB, memori internal 8GB, kamera 5 megapixel, kamera depan 0,3 megapixel, baterai 3000mAh, dan berjalan di OS Android 4.2 Jelly Bean.
Selain game Android, JXD menyebutkan bahwa S5800 juga dilengkapi 16 emulator game, diantaranya PSP, Nintendo DS, PSone, Nintendo 64, Game Boy Advance, Game Boy Color, dan masih banyak lagi. Layaknya sebuah ponsel, JXD S5800 juga memiliki fungsi telepon. Walaupun nampaknya akan terlihat aneh jika Anda meletakkan perangkat ini di telinga.
Belum ada keterangan kapan produk ini dilepas ke pasaran dan berapa harganya. Perlu diketahui, ini bukan kali pertama JXD meluncurkan produk semacam ini. Tahun 2012 lalu mereka sempat merilis produk serupa yang diberinama S5110.

Saturday, December 7, 2013

Jaringan Komputer

Di pertemuan ke 9 ane belajar tentang jaringan. Konsep jaringan, Topologi jaringan, Device nya apa aja yang di pake dalam jaringan, dan IP Addres. Di dalam materi ini kemungkinan ane bagi jadi dua, soalnya banyak banget isinya, ga enak kepanjangan.
ok kita bahas dari apa itu jaringan?



A. Pengertian Jaringan
  • Hubungan antara dua workstation atau lebih dengan menggunakan media (Kabel, wireless) sehingga antara workstation tersebut dapat saling bertukar data.
  • Merupakan interkoneksi sejumlah komputer dan perlatan / peripheral lainnya yang dihubungkan dengan jalur transmisi dan alat akomunikasi membentuk satu sistem sehingga dapat saling bertukar data, informasi, atau menggunakan perlatan secara bersama / sharing untuk melaksanakan tugas pengolahan data.
B. Manfaat Jaringan
  • File sharing yaitu antar komputer dapat melakukan pertukaran data atau file
  • Share Devices
  • Meningkatkan fungsi Komputer
  • Distributed Computing
  • Resource sharing yaitu dapat berbagi sumber daya
  • Reliabilitas tinggi
  • Menghemat biaya
  • Kemudahan komunikasi
  • Sharing connection
  • Fasilitas mapping
C. Model jaringan

   Model jaringan komputer dapat di bedakan menjadi 2, yaitu :

     1. Model Peer To Peer
        - Terdiri atas beberapa komputer (tidak lebih dari 10 komputer di lengkapi 1 atau 2 printer)
        - Mengutamakan pada aspek penggunaan program, data dan printer secara bersama - sama.
        - Digunakan untuk jaringan skala kecil

    2.  Model Client / Server
       - Memisahkan secara jelas antara server dan client 

D. Topologi Jaringan

Secara umum topologi jaringan terdapat 5 jenis, yaitu :
  1. Bus (Linier)
  2. Ring
  3. Star
  4. Tree
  5. Mash
Topologi Bus

1. Topologi bus 
  • Single Backbone
  • Semua Host terhubung langsung ke backbone 
  • Setiap kedua ujung bus merupakan akhir jaringan
 
Topologi Ring



2. Topologi Ring
  • Tidak ada Backbone
  • Sebuah Host terhubung dengan host tetangganya
  • Topologi logical menggunakan token passing

Topologi Star


 3. Topologi Star
  • Semua device terhubung langsung ke titik pusat
  • Pusat dari star biasanya adalah hub atau switch
  • SMenggunakan teknologi Ethernet


4. Topologi Tree
  • Perpaduan antara topologi bus dan star, yang terdiri dari kelompok - kelompok workstation konfigurasi bintang yang terkoneksi ke kabel utama menggunakan topologi bus
Topologi Tree



5. Topologi mash
  • Setiap host memiliki hubungan sendiri ke setiap hostnya
  • Digunakan untuk situasi dimana komunikasi tidak dapat di interrupt


.
Topologi Mash


LAN MEDIA

  • Coaxial Cable
  • Shielded & Unshielded Twisted Pair (STP & UTP)
  • Fiber Optics
  • Wireless

  1. Coaxial Cable 

 Keuntungan :
  • Panjang kabel yang dapat di gunakan lebih dari UTP & STP (di atas 500m)
  • Lebih murah dibandingkan fiber untuk backbone
  • Teknologi yang menggunakannya (Cable TV)
  • Lebih baik dalam mengurangi EMI di banding UTP / STP
 Kerugian :
  • Kabel yang tebal
  • Copper shieldeing harus di ground pada kedua ujung koneksi
  • Sangat jarang di gunakan sebagai LAN Media



2. Shielded & Unshielded Twisted Pair (STP & UTP)

 Keuntungan :
  • Mudah Pemasangan
  • Paling murah
  • Diameter kabel yang kecil
  • Tepat untuk penyediaan koneksi yang terpercaya
Kerugian :
  •  Lebih banyak terpengaruh EMI/RFi dibandingkan kabel lain
  • paling pendek dalam mengizinkan panjang kabel yang di gunakan


3. Fiber Optics

Keuntungan :
  • Lebih panjang kabel yang dapat digunakan (2 Km)
  • Transfer data yang tinggi dibanding yang lain (>100Mbps)
  • Tidak terpengaruh EMI
Kerugian :
  •  Sangat mahal
  • Susah untuk di install
Biasanya digunakan hanya untuk backbone



4. Wireless
  • Radio modem
  • WaveLAN
  • Access Point
  • Wifi
  • VSAT
  • PAN , Bluetooth
  • IrDA
1. Radio Modem
  • Frekuensi radio : 30 - 300 Mhz
  • Max data rate : 100 Kbps
  • Jarak tergantung amplifier
  • Radio Amatir


2. Wave LAN
  • Standard : 802.11
  • Unlicensed frequency :2,4 Ghz dan 5,8 Ghz
  • Hubungan antar gedung , max 5 km
  • Digunakan oleh warnet, sekolah, isp
  • Wired Equivalent Privacy (WEP)




4. Access Point
    Adalah penghubung dari wireless ke LAN



5. WiFi
  • Wireless Local Area Network based in IEEE 802.11 Spesification:
          - 802.11b mbps:2,4 GHz
          - 802.11g 50 mbps : 2,4 GHz
          - 802.11a 50mbps : 5 GHz
  • Connecting mobile data device and WiFi access points to wired network
  • Wireless Protected Access
  • Hotspot
 6. IrDA (Infrared Data Assosiation)
7. Satellite


Mempelajari Cara Kerja Teknologi Touchscreen ( Layar Sentuh )





Touchscreen merupakan sebuah perangkat atau tampilan visual yang dimana pengguna dapat mengontrol melalui gerakan sederhana atau multi-touch dengan menggunakan sentuhan jari kita. Layar sentuh ini mempermudah pengguna untuk langsung berinteraksi langsung dengan sebuah tampilan tanpa menggunakan mouse, touchpad, atau perangkat yang lainnya.

Perkembangan touchscreen sangatlah pesat, umumnya tampilan visual ini digunakan pada perangkat seperti konsol game, all-in-one computer, komputer tablet dan juga smartphone. Namun layar sentuh ini juga ditemukan di bidang medis, industry,ATM ( anjungan tunai mandiri ) dan masih banyak lagi

Secara menyeluruh produsen layar dan produsen chip tingkat dunia telah mempelajari cara kerja teknologi touchscreen(layar sentuh) mengakui bahwa kecenderungan penerimaan touchscreen sebagai komponen user interface yang sangat di inginkan dan telah memulai mengembangkan layar sentuh kedalam desain dasar produk mereka, seberapa canggihnya teknologi touchscreen kita lihat yang di bawah ini.

 

 

Cara Kerja Touchscreen ( layar sentuh)

Touchscreen memiliki tiga komponen utama dalam kegunaannya yaitu Touch Sensor, Controller, Software Driver. Berikut definisi dari tiga teknologi dari touchscreen.
1. Touch sensor
Komponen ini terletak di bagian luar tampilan sebagai lapisan penerema inputan dari user atau sentuhan. Bagian yang di sentuh akan menimbulkan aliran listrik.
2. Pengontrol (controller)
Merupakan sebuah perangkat yang memproses dan mengubah voltase sinyal yang di terima dari komponen touch sensor yang berupa alus listrik dan di hubungkan ke prosessor atau perangkat yang lain.
3. Software Driver
Sebagai alat penerjemah data dari proses diatas tadi yang memungkinkan proses di atas sudah bekerja dengan baik dan di tampilkannya ke antar muka melalui system operasi.

Teknologi Touchscreen

Capacitive touchscreen

Panel touchscreen kapasitif terdiri dari isolator seperti kaca, yang di lapisi dengan konduktor seperti indium tin oxide (ITO).manusia yang sebagai penghantar listrik, menyentuh permukaan layar dalam distorsi dari medan elektrostatik layar tersebut, dan di unur sebagai perubahan kapasitansi.Teknologi yang berbeda dapat digunakan untuk menentukan lokasi sentuhan yang kemudian di kirim ke controller untuk di proses.
Layar kapasitif ini terus di kembangkan oleh produsen terbesar dengan mengembangkan layar sentuh tipis dan lebih akurat. Dengan teknologi in-cell yang menghilangkan lapisannya. Seperti layar sentuh pada Samsung super AMOLED.

Surface Wave touchscreen

Teknologi Surface acoustic wave (SAW) menggunakan gelombang ultrasonic yang melewati panel touchscreen. Cara kerjannya ketika layar disentuh maka sebagian gelombang akan di serap. Perubahan dalam gelembung ultrasonic mencatat posisi dimana pengguna menyentuhnya dan mengirimkaninformasi tersebut ke controller untuk dilakukan pemrosesan.

Resistive touchscreen

Merupakan panel touchscreen resitif yang terdiri dari lapisan elektrik dan resitif transparan yang di pisahkandengan jarak yang sangat tipis. Bagian atas layar ( bagian yang di sentuh) memiliki lapisan permukaan bawah layar. Hanya dibawahnya adalah lapisan resitif di atas substratnya. Satu lapisan memiliki koneksi konduktif di bagian sisinya yang lain di atas dan di bagian bawah.

Pengetahuan Tentang Corning Gorilla Glass

Gorilla Glass merupakan kaca pelindung yang digunakan pada perangkat smartphone dan juga tablet yang di produksi oleh perusahaan bernama Corning yang berasal dari amerika serikat. Performa dan daya tahan Corning Gorilla Glass sekarang tidak hanya digunkan untuk smartphone dan tablet namun juga dihadirkan pada Notebook yang disebut Gorilla Glass NBT.
Pada tahun 2010 Gorilla Glass telah digunakan oleh 20 persen perangkat gerak diseluruh dunia. Di tahun 2012 produsen corning mengeluarkan generasi keduannya bernama Gorilla Glass 2. Dan pada tahun 2013 mereka meluncurkan Gorilla Glass 3 yang menawarkan ukuran yang lebih tipis. Corning juga mengatakan bahwa Gorilla Glass 3 akan bertahan 3 kali lebih kuat terhadap goresan.




Performa dan daya tahan Corning Gorilla Glass mempunyai keuntungan yang berbeda dari bahan yang lain. Keuntungan Gorilla Glass antara lain yaitu


Kerusakan tahan lama
Dengan adanya Gorilla Glass kimia yang di perkuat melalui proses pertukaran ion yang menciptakan lapisan kompresi mendalam pada permukaan substrat kaca. Lapisan ini bertindak bagaikan baju untuk mengurangi pengenalan kekurangan.

Thinner formulir factor
Dimana tergantung dari spesifikasi aplikasi dan juga produsen-produsen yang terkait. Gorilla Glass dapat diproduksi dalam ketebalan mulai dari 0,4 mm sampai dengan 2 mm. bahkan bisa juga pada 0,4 mm. Gorilla Glass mempertahankan keunggulan kinerja lebih banyak bahan penutup lainnya.

Kualitas permukaan yang sangat luar biasa
Proses fusi milik Corning Gorilla Glass memberikan permukaan superior yang sama seperti pada semua teknologi tinggi pada layar substrat. Ini sangat luar biasa, proses otomoatis yang sangat baik menghasilkan kaca dengan sangat bersih, halus, permukaan yang datar dan memiliki kejelasan optic yang sangat luar biasa.

Kesesuaian untuk layar sentuh
Gorilla Glass merupakan sebuah sampul yang sangat ideal untuk digunakan pada layar sentuh. Ini merupakan lapisan yang sangat kuat untuk menangani tekanan dari permukaan intrinsic untuk perangkat layar sentuh, dan sangat tipis yang memungkinkan tanggapan yang lebih sensitive dan akurat pastinya.

Bagaimana menguji Gorilla Glass?
Di sebuah laboratorium Corning di Corning, NY peneliti melakukan pengujian tingkat perangkat untuk mensimulasikan jenis menekankan bahwa kaca penutup akan brtahan di lapangan. Studi-studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana kaca penutup dan perangkat saling berinteraksi satu sama lain dan bagaimana kaca ini dapat dipasang di berbagai kondisi. Peneliti Corning juga menganalisis mode kegagalan kaca untuk lebih memahami bagaimana kaca melakukan apa yang menyebabkan sebuah kaca gagal. Pihak Corning mengatakan bahwa menggunakan pemahaman ini untuk terus melakukan inovasi terfokus pelanggan Corning di ruang kaca penutup.

Nerocam, Headset Canggih yang Bisa Merekam Video secara Otomatis ketika Pengguna Merasa Penasaran

didiekcomputer.blogspot.com. Saat ini perangkat wearable sudah semakin menjadi tren masa kini, berbagai vendor berlomba - lomba untuk membuat perangkat yang lebih powerfull tapi lebih kecil sehingga bisa di gunakan di mana saja, sebut saja google glass, smartwatch dari apple atau dari samsung dan berbagai vendor lainnya.
Tapi kita akan lebih takjub dengan perangkat yang satu ini.. Ok mari kita lihat perangkat apa sih yang bisa membuat kita berdecak kagum.

 Perangkat tersebut adalah Nerocam
 Headset yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang, Dentsu ScienceJam Inc






Kecanggihan headset Nerocam ini terletak pada kemampuannya untuk merekam video secara otomatis. Uniknya, video yang direkam otomatis tersebut bukanlah sembarang video, melainkan sebuah video yang menarik perhatian pengguna headset. Hmm… penasaran bagaimana caranya kan?


Nerocam ini dilengkapi dengan sebuah sensor yang mampu mendeteksi sinyal otak. Dengan sensor tersebut, headset ini pun bisa menentukan tingkat penasaran seseorang. Dan dengan bantuan sebuah aplikasi smartphone, maka headset ini akan merekam hal yang penasaran tersebut dalam sebuah video yang disimpan dalam bentuk animasi GIF berdurasi 5 detik.